Penyebab Sariawan dan Obat Sariawan dari Bahan Alami

advertisement

Penyebab sariawan dan Obat Sariawan - Sariawan pastinya pernah dialami oleh siapa saja, tak pandang usia baik tua maupun muda. Penyakit yang satu ini memang tidak pandang bulu dalam memilih korbannya. Pendapat ini juga diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan di Inggris. Dimana hasil riset tersebut menyatakan bahwa 1 dari 5 orang dewasa serta anak-anak antara 5% - 10% pernah mengalaminya dan tidak hanya sekali tapi berkali-kali. Seperti yang dilansir oleh situs berita di India yaitu Times of India oleh Dokter Gigi Nikita Syah.

Ilustrasi Sariawan - Image: Wikipedia.org

Nah, sahabat Moca juga pernah mengalaminya bukan?. Ketika sariawan melanda tentunya membuat rasa yang tidak nyaman terutama ketika ingin mengkonsumsi makanan. Nikmatnya makanan jadi lenyap seketika akibat rasa perih yang benar-benar sangat mengganggu. Lantas bagaimana cara mengatasi sariawan agar lekas sembuh serta tidak terjadi berulang-ulang?. Pertamatama yang harus kita pahami lebih dulu adalah penyebab sariawan tersbut. Dari beberapa kasus berikut ini adalah beberapa faktor umum penyebab sariawan.

Baca Juga: Penyebab Mimisan

Penyebab Sariawan


  1. Infeksi virus 
  2. Kekurangan vitamin B 12 dan zat besi
  3. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sariawan pada anak
  4. Panas dalam
  5. Akibat makan pedas berlebihan
  6. Akibat luka yang disebabkan oleh tergigit gigi
  7. Menurunya daya tahan tubuh

Tips Mengatasi Sariawan


  • Hindari makanan berminyak dan makanan pedas yang bisa menyebabkan luka sariawan susah sembuh
  • Hindari minum minuman yang mengandung soda yang bisa menyebabkan sariawan semakin parah

  • Konsumsi Lebih banyak air putih
  • Rajin berkumur dengan cairan kumur 
  • Jaga kebersihan dan kesehatan mulut
  • Memilih sikat gigi yangmemiliki bulu sikat lembut
  • Konsumsi lebih banyak sayur

Obat Sariawan Alami

Baca Juga: Penyebab Jerawat

Bagi sahabat Moca yang sedang mengalami sariawan dan ingin mengobati sariawan tersebut dengan bahan alami yang memang aman dan terbukti ampuh. Berikut ini  adalah obat sariawan dari bahan alami yang mudah di jumpai di sekitar kita.

1. Madu
Madu sudah sejak dulu dikenal mampu mengobati sariawan. Berbagai kandungan yang ada pada madu mampu membuat luka sariawan cepat tertutup. Selain itu madu juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan pada anak.

2. Buah Sirsak
Suah bukan rahasia lagi bahwa sirsak kaya akan manfaat untuk kesehatan termasuk mengobati sariawan. Buah sirsak kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik dalam menyembuhkan sariawan. Konsumsilah buah sirsak saat menderita sariawan.

3. Bawang Putih dan Kunyit
Kandungan antibiotik yang yang terdapat pada bawang putih maupun kunyit mampu membunuh bakteri yang menyebabkan sariawan. caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoles rematan bawang putih maupun kunyit pada luka sariawan.

4. Yogurt
Yogurt juga sangat baik dalam mengobati sariawan, yogurt mampu mengontrol keseimbangan bakteri dalam tubuh termasuk juga mulut. Sehingga proses pengobatan dan penyembuhan sariawan jadi lebih cepat.

Demikian beberapa pembahasan mengenai penyebab sariawan dan obat sariawan alami yang bisa sobat manfaatkan untuk mengobati sariawan. Namun jika jika sariawan tak kunjung sembuh dan berkepanjangan ada baiknya melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa diketahui penyebab dan pengobatannya.