Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mengatasinya

advertisement

Mimisan hampir dialami semua orang ketika masih anak-anak. Ketika seorang anak menderita minisan seringkali orang disekitarnya panik. Pemandangan terhadap penderita mimisan memang sedikit ekxtrim, darah keluar dari hidung tampak mengerikan. Maka jangan heran jika banyak yang dibuat panik serta ketakutan.

Meskipun tampak menyeramkan umumnya penyebab mimisan bukan disebabkan oleh sesuatu penyakit yang serius. Biasanya diakibatkan oleh pecahnya membran tipis pembatas antara bagian lubang hidung (nostril). Jika hal itu terjadi biasanya darah yang mengalir dari hidung ini dengan sendirinya berhenti ketika sudah menggumpal. Akan tetapi jika mimisan terus-menerus di alami maka sebaiknya segera bunda priksakan buah hati ke dokter. Begitu pula jika disebabkan oleh cedera akibat benturan dan sejenisnya.

Ilustrasi mimisan - Image: cs.wikipedia.org

Penyebab Mimisan



Seperti yang Mocalovers kutip dari Everyday Health, pada umumnya yang menjadi penyebab mimisan pada anak dikarenakan flu, alergi, serta udara yang kering. Hal tersebut di ungkapkan oleh Prof. Barbara Frankowski, MD, MPH University of Vermont College of Medicine yang juga berprofesi sebagai dokter anak di Burlington Vermont Children Hospital.

Frankowski juga mengungkapkan bahwa iritasi yang terjadi di hidung tersebut akibat dari lendir yang terlalu keras. Akibatnya pembuluh darah kecil pada dinding rongga hidung pun pecah ketika berusaha mengeluarkan lendir dengan keras.

Bukan itu saja mimisan juga bisa disebabkan oleh kebiasan buruk memasukan jari terlalu keras ke dalam lobang hidung saat berusaha membersihkan kotoran hidung.

Adapun penyebab lainya:

1. Infeksi
2. Cedera
3. Gangguan pembekuan darah

Cara Mengatasi Mimisan

Ketika buah hati bunda ada yang mengalami mimisan maka bisa mencoba beberapa langkah untuk mengatasinya dibawah ini:

  • Penderita mimisan diarahkan untuk duduk tegap lurus lalu badan sedikit concong kedepan.
  • Tutup lubang hidung dengan tissu atau kain tipis hingga pendarahan berhenti. lakukan hal ini selama 10 menit.
  • Sebaiknya hindari posisi kepala terlalu miring kedepan dan posisi kepala lebih rendah dari jantung. Karena akan memicu darah lebih banyak keluar.
  • Hindari juga bersandar, hal ini bisa menyebabkan buah hati menelan darah mimisan sehingga bisa menyebabkan sakit perut.
Apabila darah mimisan masih terus keluar sepanjang 30 menit ada baiknya segera dibawah ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan secara intensif. Semoga artikel tentang penyebab mimisan pada anak ini bisa membantu dan bermanfaat.