Faktor Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Ketahui

advertisement

Masalah jerawat memang menjadi permasalahan umum yang tentunya pernah di alami hampir semua orang. Tidak sedikit yang dibuat frustasi menghadapi masalah kesehatan yang satu ini. Meski berbagai cara dilakukan namun tidak semua orang menuai hasil maksimal bahkan cenderung gagal. Kemungkinan besar kegagalan mereka dikarenakan tidak paham mengenai faktor penyebab jerawat itu sendiri.

http://mocalover.blogspot.com/2014/01/faktor-penyebab-jerawat.html

Jerawat sendiri biasanya lebih rentan muncul pada usia remaja dan menginjak dewasa muda. Namun pada beberapa kasus tertentu bisa saja muncul di usia dewasa. Kemunculanya tergantuk kondisi si penderita dan faktor lainya seperti faktor keturunan.

Pada dasarnya kemunculan jerawat disebabkan oleh dua faktor utama yaitu faktor internal dan eksternal. Dengan mengetahui penyebabnya maka penanganan yang lebih intensif bisa dilakukan sehingga akan menuai hasil yang lebih baik lagi. Berikut ini akan dibahas faktor pemicu jerawat baik internal maupun eksternal.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Jerawat

Penyebab Jerawat




1. Keturunan
Kemunculan ternyata juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Maka dari itu perlu diperhatikan jika orang tua kita berjerawat baik ayah maupun bunda maka kemungkinan besar kita pun cenderung berjerawat.

2. Jenis Kulit
Jenis kulit pun sangat menentukan apakah kita memeikiki kecenderungan berjerawat atau tidak. Umumnya jerawat muncul bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Namun tidak menutup kemungkinan dapat muncul bagi yang memiliki kulit kering.

3. Stress
Stress yang dialami seseorang mampu memicu munculnya jerawat. Ketika seseorang mengalami strees berat kesehatan dan metabolisme terganggu. Bagi sebagian orang ketika metabolisme tubuh tidak stabil dapat memicu jerawat.

4. Hormon
Bagi kaum hawa biasanya mengalami masalah jerawat saat menjelang atau sebelum menstruasi. Penyabnya tak lain adalah hormon progesteron yang memicu kulit untuk menghasilkan minyak berlebih.

5. Bakteri
Kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit wajah akan mudah dihuni oleh bakti. Kemudian bakteri tersebut akan menyebabkan hadirnya jerawat. Maka dari itu membersihkan wajah secara teratur dengan scrub akan sangat membantu.

6. Infeksi
Kotoran yang menyumbat biasanya juga akan membentuk komedo. Biasanya seseorang akan sering memencet-mencet komedo karena gemas. Hal ini mampu memicu infeksi yang akhirnya berujung pada timbulnya jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo

7. Make Up
Jerawat juga bisa muncul akibat make up yang kita gunakan. Bisa karena bahan yang digunakan pada make up tidak cocok dengan jenis kulit dan juga bisa dikarenakan kurang bersih membersihkan kulit wajah setelah menggunakan make up.

Penyebab Jerawat


Demikian beberapa faktor penyebab jerawat baik internal maupun eksternal. Masih banyak faktor-faktor lain yang dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Maka dari itu, jika jerawat anda tak kunjung sembuh dan bertambah parah, ada baiknya melakukan konsultasi ke dokter kulit untuk melakukan konsultasi mendetail. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.