Cara Merawat Rambut Kering dan Bercabang Agar Sehat

advertisement

Cara Merawat Rambut Kering dan Bercabang - Rambut ibarat mahkota bagi sebagian besar orang. Maka dari itu memiliki rambut yang sehat, indah dan kuat merupakan impian bagi setiap orang, khususnya bagi seorang wanita. Sebagian besar kaum hawa meyakini bahwa rambut indah akan menunjang penampilan mereka. Sehingga jangan heran jika banyak kaum hawa yang rela menghabiskan uang mereka khusus untuk merawat rambut saja. Apakah anda termasuk salah satunya? hehehee.

Dalam merawat rambut membutuhkan perhatian ekstra agar rambut tumbuh sehat seperti halnya menghilangkan jerawat. Berbagai metode bisa ditempuh baik dengan melakukan perawatan menggunakan bahan alami ataupun melakukan perawatan rambut di salon-salon kecantikan. Namun bagi sebagian orang ternyata tidak semudah itu dalam merawat rambut, berbagai permasalahan bisa saja menjadi kendala.

Ilustrasi merawat rambut - Image: Wikipedia.org


Permasalahan rambut yang sering muncul dalam keseharian kita dan yang umum kita jumpai adalah rambut kering, rontok, dan bercabang. Maka dalam menyelesaikan permasalahan rambut tersebut dibutuhkan perawatan yang tepat. Bagi yang mempunyai permasalahan dengan rambut seperti di atas maka kita akan membahas cara merawat rambut agar sehat.

Sebelum mengatasi masalah tersebut ada baiknya kita ketahui dulu faktor umum penyebab rambut menjadi kering dan bercabang berikut ini :
  • Kulit kepala yang kering
  • Kurangnya nutrisi pada rambut
  • Menyisir rambut terlalu kuat 
  • Menggunakan karet rambut yang terlalu kuat
  • Menggunakan produk kimia berlebiham, seperti pewarna rambut
  • Menggunakan hair dryer berlebihan
Setelah mengetahui apa penyebab yang dapat merusak rambut, sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana cara merawat rambut kering dan bercabang dengan baik dan benar.

Cara Merawat Rambut

1. Alvokad dan Sanatan
Alvokad yang telah diblender halus dengan di campur sedikit santan dapat dijadikan sebagai masker rambut agar rambut menjadi sehat dan tidak mudah rontok. Oleskan campuran tadi pada rambut dan biarkan selama 20 - 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Cuka Apel
Kandungan yang terdapat pada cuka apel mampu mengatasi rambut rontok. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mengoleskan cuka apel yang dicampur sedikit air. Lakukan hal ini setelah rambut dikeramas dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih biasa tanpa menggunakan shampo.

3. Minyak Zaitun
Khasiat minyak zaitun di dunia kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Begitu pula manfaatnya dalam menjaga kesehatan rambut agar tetap lembab dan tidak kering. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskanya pada rambut selama 15-20 menit sebelum keramas.

Cara Merawat Rambut Kering dan Bercabang


Hindari Keramas Setiap Hari
Jika anda mempunyai permasalahan dengan rambut kering, sebaiknya hindarilah mulai dari sekarang untuk mencuci rambut atau keramas setiap hari. Karena keramas dapat menguras minyak alami yang terdapat dalam rambut, sehingga rambut anda akan menjadi kusam, kering dan kusut. Untuk menghindari hal tersebut, keramaslah setiap dua hari sekali.

Hindari Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah
Bagi anda yang mempunyai jenis rambut kering, dalam keadaan basah rambut akan menjadi sedikit rapuh. Sehingga jika anda menyisir rambut dalam keadaan basah atau ketika rambut masih dalam keadaan lembab, akan menyebabkan rambut menjadi mudah putah. Sebaiknya biarkanlah terlebih dahulu hingga rambut anda kering secara alami.

Hindari Mengikat Rambut Ketika Tidur
Pada saat tidur rambut membutuhkan ruang bernafas. Sehingga lepaskanlah ikatan rambut anda ketika tidur. Selain dapat membuat rambut beristirahat juga penggunaan ikat rambut pada saat tidur juga tidak baik bagi kesehatan rambut anda, karena dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Gunakan Conditioner Setelah Keramas
Setelah mencuci rambut atau keramas dengan shampo, biasakanlah untuk selalu menggunakan conditioner untuk melembabkan rambut anda. Selain dapat membuat rambut menjadi lebih lembut juga akan membuat rambut menjadi lebih mudah diatur.

Bilas Rambut Dengan Air Dingin
Mulai sekarang biasakanlah keramas menggunakan air dingin untuk menjaga kelembaban rambut. Karena jika anda menggunakan air hangat untuk membilas rambut, maka kelembapan pada rambut anda tidak dapat terjaga.

Kurangi Penggunaan Hair Dryer
Rambut membutuhkan perawatan dan istirahat, sama seperti halnya manusia. Untuk itu kurangilah penggunaan alat penataan rambut mulai dari sekarang, seperti penggunaan hair dryer, alat pengeriting rambut, hair blow, dan sebagainya. Penggunaan alat penataan rambut secara terus menerus juga tidak baik bagi kesehatan rambut, karena akan membuat rambut menjadi semakin kering dan mudah patah.

Itulah tadi pembahasan tentang cara merawat rambut kering dan bercabang agar sehat, kuat dan indah. Anda dapat mencoba cara diatas untuk mengatasi permasalahan rambut yang anda alami. Selamat mencoba dirumah dan miliki rambut yang sehat dan terhindar dari rambut kering dan bercabang. Setelah rambut kembali sehat maka sebaiknya tetap menghindari hal-hal yang kembali dapat merusak rambut anda. Semoga bermanfaat.