Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

advertisement

Rambut adalah mahkota bagi siapa saja baik pria maupun wanita. Rambut yang indah dan sehat mencerminkan pribadi setiap pemiliknya. Maka dari itu banyak rela menghabiskan anggara untuk tetap menjaga mahkotanya tetap indah. Namun tak jararang pula yang ternoda oleh kehadiran ketombe. Lantas bagaimanakah cara menghilangkan ketombe secara alami yang aman untuk rambut?

http://mocalover.blogspot.com/2014/01/cara-menghilangkan-ketombe.html
Perlu diketahui, dalam menangani masalah ini tentunya perlu di pahami dulu apa sajakah kira-kira yang menyebabkan munculnya ketombe di rambut kita. Ada beberapa faktor baik internal maupun eksternal yang menyebabkannya. Berikut ini adalah penyebab ketombe:

1. Kurang bersih membilas saat keramas.
2. Shampo yang tidak cocok dengan jenis kulit.
3. Kulit kepala lembab yang mengakibatkan munculnya jamur ketombe.
4. Kulit kepala alergi terhadapa produk perawatan rambut.
5. Faktor alergi terhadap makanan.
6. Faktor genetik keturunan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo

Dengan mengetahui faktor-faktor yang mungkin saja anda alami maka kemungkinan untuk menyembuhkan ketombe lebih mudah dilakukan. Selanjutnya adalah menghilangkan ketombe yang sudah terlanjur menjamur di kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe

Berikut ini beberapa bahan alami yang berfungsi untuk memberantas ketombe di kepala:

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis selain bermanfaat untuk menyehatkan rambut juga mampu memberantas ketombe di kepala. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis untuk di oleskan pada seluruh kulit kelapa. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya
Sudah bukan rahasia lagi, sejak dulu lidah buaya sudah dikenal baik bagi rambut dan kulit kepala temasuk ketombe. Gunakan lidah buaya yang sudah dibelah kemudian gunakan dagingnya untuk di oles ke kulit kepala sambil di urut-urut. Kemudian diamkan sekitar 20 - 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Minyak Kelapa
Minyak kelapa secara alami mampu menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala. Sehingga hal ini sangat baik untuk terhindar dari faktor penyebab munculnya ketombe. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut dan didiamkan selama 20 - 30 menit setelah di dibilas.

4. Cuka Apel
Keasaman yang terkandung pada cuka apel ternyata bermanfaat untuk memberantas minyak berlebih dan lemak di kulit kepala. Dengan menggunakan cuka apel yang di oleskan pada kulit dan rambut secara teratur kemudian dibilas dapat menghilangkan ketombe anda.

5. Garam
Garam bermanfaat untuk mempercepat pengupasan sel kulit yang mati dikepala. Selain itu garam juga dapat membunuh bakteri dan jamur di kulit kepala yang menyebabkan munculnya ketombe. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaburkan garam halus di kulit kepala sambil dipijit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Ketombe


Demikian beberapa faktor penyebab munculnya ketombe dan cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Anda bisa menemukan bahan-bahan diatas dengan mudah. Selanjutnya tergantung dari usaha dan kerja keras anda untuk tetap rajin merawat kesehatan kulit kepala agar terhindar dari ketombe.