Resep Donat Kentang Empuk, Lezat, dan Enak

advertisement

Cara Membuat Donat Kentang - Siapa yang tidak kenal dengan Donat, kue berbentuk bulat dengan ciri khas lubang di tengahnya. Saat ini donat merupakan makanan yang memimiliki banyak penggemar dari berbagai belahan dunia. Rasanya yang empuk dan teksturnya yang sangat memanjakan lidah membuat setiap orang yang memakannya ketagihan.

Saat ini untuk bisa mengkonsumsi kue lezat ini tidaklah sulit hanya dengan mengeluarkan beberapa rupiah saja sobat sudah bisa membeli kue dengan lobang di tengah ini. Untuk mendapatkanya pun tidak sulit mulai dari donat biasa yang bisa di jumpai di pasar-pasar tradisional hingga donat spesial yang bisa di beli di toko khusus donat biasa di jumpai di mal-mal.

Resep kue lainya yang patut di coba: Resep Kue Lapis Legit 

http://mocalover.blogspot.com/2014/05/resep-donat-kentang-empuk-lezat-dan-enak.html

Donat sendiri kini ada dalam berbagai variasi salah satunya adalah donat kentang. Nah donat varian bahan kentang ini adalah salah satu donat favorit saya. Maka dari itu kali ini Mocalover blog akan berbagi tips resep donat kentang yang empuk dan lezat. Sehingga sobat bisa mencoba mempraktikannya sendiri di rumah untuk disajikan saat santai bersama keluarga.

Bagi sebagian orang mungkin berfikir "mendingan beli saja, gak pake rempong.. :D" dan mereka memilih untuk membeli donat yang sudah jadi karena tidak ribet dan tidak harus berurusan dengan dapur. Masalahnya bukan pada bisa beli apa tidaknya, akan tetapi jika membuat sendiri tentunya akan memberikan kebanggan tersendiri dan juga membuat kita jadi lebih kreatif. So, buat bunda yang ingin kreatif dan membuat donat kentang sendiri simak panduannya di bawah ini.

Resep Donat Kentang


Bahan:
  • 400 gr Terigu Protein tinggi (segitiga biru, bogasari, cakra)
  • 300 gr Kentang direbus kemudian dihaluskan
  • 2 Butir telur 
  • 75 gr Gula pasir
  • 75 gr Mentega/butter
  • 1,5 Sendok teh ragi instan
  • 1 sdt Garam
 Cara Mengolah:
  1. Campurkan semua bahan menjadi satu, kecuali garam dan mentega. 
  2. Setelah itu uleni adonan hingga semua bahan benar-benar tercampur rata.
  3. Kemudian masukan mentega pada adonan hingga adonan elastis dan tambahkan garam, aduk lagi hingga rata.
  4. Pada tahap ini adonan akan sedikit lengket, namun itu tidak masalah.
  5. Kini diamkan adonan selama 1 jam hingga adonan mengembang 2 kali lipat ukurannya.
  6. Setelah itu kempeskan adonan dan uleni lagi.
  7. Kemudian ambil 40-50 gr adonan dan bulat-bulatkan, Jika adonan masih terlalu lengket bisa diakali dengan cara melumuri tangan dengan tepung agar tidak lengket.
  8. Jika adonan sudah terbentuk diamkan adonan tersebut selama 1 jam lagi. Lalu lobangi adonan dengan meletakkan jadi ditengan adonan.
  9. Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang.
  10. Goreng donat yang sudah di bentuk tadi hingga berubah warna kecoklatan.

Baca juga resep kue lainnya: Kue Kering Coklat Chip

Resep Donat Kentang Empuk

Tips: Topping

Untuk topping bisa diberi berbagai variasi mulai dari coklat yang dicairkan, mentega dan diparuti dengan keju. Meses ceres, dan lain-lain. Selamat berkreatifitas.

Demikian resep cara membuat donat kentang yang rasanya asli mantab. Bunda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk disajikan sebagai hidangan keluarga. Bukan itu saja donat kentang ini juga cocok untuk disajikan pada acara arisan, lebaran, dan pesta. Selamat mencoba dan semoga berhasil.