Resep dan Cara Membuat Sushi Enak Dengan Mudah

advertisement

Sushi merupakan makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama dengan lauk dan sayuran. Biasanya lauk tersebut dapat berupa makanan laut, daging, kerang, telur ikan dan sebagainya.Ciri khas sushi yaitu rasanya yang asam dan lembut, karena dibumbui dengan campuran cuka, garam dan gula. Selain terkenal dengan rasanya, ternyata sushi juga termasuk dalam salah satu makanan sehat yang banyak mengandung protein yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Resep sushi sebenarnya tidak sulit, jadi anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

http://mocalover.blogspot.com/2013/12/resep-sushi.html
Untuk itu bagi yang suka menyantap sushi dan ingin segera membuatnya di rumah sebagai hidangan spesial untuk keluarga, silahkan simak pembahasan cara membuat sushi dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di supermarket atau pasar berikut ini :

Baca juga: Cara membuat nugget

Cara Membuat Sushi


Bahan :
- 935 ml atau 3 3/4 cangkir air dingin
- 540 gram beras koshihikari
- 200 gram ikan salmon segar, potong 1 cm
- 125 ml cuka beras
- 6 lembar nori
- 2 sendok makan gula kastor
- 1 buah alpukat, dibelah dua, cincang, kupas, iris tipis-tipis
- 1/2 sendok teh garam

Pelengkap Penyajian :
- Saus kedelai
- Pasta wasabi
- Acar jahe

Cara Membuat :
  • Taruh beras kedalam saringan, kemudian cuci bersih dengan air dingin yang mengalir hingga beras benar-benar bersih. Lalu taruh beras tersebut ke dalam panci besar yang telah berisi air, tutup dan masak beras dengan api besar, didihkan. 
  • Setelah beras agak mendidih, kurangi kecepatan api dan tunggu selama 12 menit atau hingga air benar-benar terserap dengan sempurna. Setelah itu angkat dan sisihkan, kemudian tutup kembali selama 10 menit agar menjadi sedikit dingin.
  • Selanjutnya campurkan cuka, gula dan garam dalam mangkuk kecil, kemudian pindahkan nasi tersebut kedalam mangkuk kaca besar. Gunakan pengaduk dari kayu untuk memisahkan gumpalan nasi tersebut, sambil secara bertahap tambahkan campuran cuka diatas, lalu aduk-aduk secara perlahan agar campuran nasi dan cuka tadi menjadi rata.
  • Dan lanjutkan terus mengaduk-aduk dan mengipasi masi selama 15 menit atau hingga nasi menjadi dingin.
  • Setelah itu taruhlah alas sushi pada permukaan bersih dengan bilah arah horizontal. Lalu tempatkan lembaran nori diatasnya, bagian nori yang mengkilap menghadap ke bawah diatas alas tersebut. 
  • Sebaiknya tangan dalam keadaan basah untuk membentuk nasi di atas lembaran nori, dan sisakan sebesar 3 cm pada tiap sisinya.
  • Kemudian taruhlah ikan salmon dan alpukat pada bagian tengan nasi tersebut. Lalu tahan isian di tengah sambil menggulung alas. Ulangi cara diatas hingga semua bahan habis.
  • Gunakan pisau tajam  untuk memotong sushi dengan tebal potongan 1,5 cm. Kemudian taruh di atas piring dengan kecap, wasabi dan acar jahe.
  • Sushi siap untuk dihidangkan.
Demikan  resep membuat sushi enak dan nikmat kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba membuat sushi semdiri di rumah. Terima kasih.